29Dec, 2015

UNIT ORSEN IPB ADAKAN RAPAT KERJA (RAKER) TAHUN 2015

Didasari oleh tuntutan civitas akademika IPB pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terhadap kinerja Unit Olahraga dan Seni Institut Pertanian Bogor (Unit ORSEN IPB) terutama dalam hal pelayanan yang lebih baik, mengharuskan pimpinan dan segenap jajaran staf Unit ORSEN untuk meningkatkan kinerjanya.

 

Menyikapi kondisi ini, sudah seyogyanya Unit ORSEN IPB sebagai unit penunjang akademik, harus memenuhi standard pelayanan prima. Institut Pertanian Bogor sebagai salah satu perguruan tinggi yang sangat memperhatikan good governance kepuasan pelanggan adalah utama. Rapat kerja ini akan dapat digunakan untuk saling berbagi (sharing) pengalaman antara pimpinan dan staf dalam pelaksanaan tugas sehari-hari untuk mengetahui kendala, maupun tantangan selama tahun 2015.

 

Pada Raker Unit ORSEN IPB Tahun 2015 yang dislenggarakan di Hotel Matahari Taman Wisata Matahari Cipayung, Kabupaten Bogor tersebut, dihasilkan rumusan rencana program/kegiatan Tahun 2016 sebagai berikut :

 

 

  1. Rencana Program/Kegiatan Pelayanan

Rencana Program/kegiatan pelayanan Tahun 2016 Unit ORSEN IPB terdiri dari kegiatan rutin (operasional) dan kegiatan pengembangan (program). Kegiatan rutin meliputi : 

  1. Menjadwalkan, mengelola dan mengawasi pemakaian lapangan untuk kegiatan rutin, Kegiatan Minat dan Bakat Mahasiswa, dan Pemakaian fasilitas olah raga oleh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta masyarakat Umum dan pemakaian sarana dan prasarana untuk keperluan institusi IPB;
  2. Menyusun kalender tahunan kegiatan olahraga/kegiatan kemahasiswaan lainnya secara terstruktur, bersama-sama dengan BEM KM-IPB, UKM, Himpro, dan ormawa lainnya, untuk menghindari jadwal penggunaan sarana dan prasarana olahraga dan seni yang bertumpuk;
  3. Melakukan perawatan rutin dan perbaikan ringan sarana dan prasarana gedung, dan alat-alat olahraga. Melakukan koordinasi dengan Biro Umum, Direktorat Pengembangan Sarana dan Prasarana IPB, untuk pekerjaan perbaikan/perawatan dan pengadaan sarana dan prasarana yang memerlukan pendanaan yang besar.

Kegiatan pengembangan yang akan dilakukan adalah :

  1. Ikut serta membina mahasiswa di bidang olah raga dan seni melalui kegiatan BEM-KM dan UKM. Dalam hal ini, Unit Orsen akan membantu kegiatan rutin mahasiwa melalui UKM dan BEM KM berupa penyelenggaraan turnamen-turnamen olah raga (Atletik, Tenis meja, Karate, Basket, dll);
  2. Melakukan pengabdian masyarakat melalui Sekolah Sepak Bola dan Sekolah Bulu Tangkis, sekaligus menjadi tuan rumah pelaksanaan turnamen tahunan sepak bola dan bulu tangkis;
  3. Pengembangan SDM, mengikutkan SDM Unit ORSEN dalam diklat-diklat yang relevan, untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya;
  4. Melaksanakan kegiatan Dies Natalis IPB ke-53 di bidang olahraga;
  5. Peningkatan kulalitas sarana dan prasarana olahraga dan seni melalui pemasangan lapangan karpet bulutangkis di GOR IPB, dan perbaikan lapangan basket outdoor.

 

 

      2. Rencana Pengembangan Sistem dan Jaringan

Untuk mendukung budaya kerja di era teknologi informasi Unit ORSEN juga sudah merasa perlu adanya pemasangan jaringan internet di berbagai lini pelayanan baik di Gymnasium maupun di GOR. Melakukan pengembangan website Unit ORSEN IPB. Diharapkan bila sudah siap perangkat pendukungnya, baik berupa software maupun hardware serta SDMnya, Unit ORSEN segera menerapkan pelayanan reservasi online berbasis website Unit ORSEN IPB dengan URL : www.orsen.ipb.ac.id.

      3. Rencana Pengembangan SDM

Mengingat keterbatasan jumlah SDM di bidang pengawas lapangan (waspang), maka pada tahun 2016, Unit ORSEN IPB merencanakan penambahan SDM untuk waspang sebanyak 1 (satu) orang, dengan kualifikasi PNS. Dengan demikian, diharapkan kegiatan pelayanan dapat  tetap optimal, meskipun suatu saat ada waspang yang berhalangan.


Tentang Kami

Address: Gedung Gymnasium IPB

Jl. Meranti, Kampus IPB Dramaga Bogor, Indonesia

Phone: (0251) 862-8783

Fax : (0251) 862-8783

Email: orsen@ipb.ac.id

Copyright 2014 IPB | All Rights Reserved