07Mar, 2016

Hobi Yang Membawanya Kepada Tugas Mulia

Prof. Khaswar Syamsu, Ph.D.

Kepala Unit Olahraga dan Seni (Unit ORSEN) IPB

Khaswar Syamsu  yang dalam keluarga dipanggil  Iwan dilahirkan  di  Solok, Sumatera Barat  pada  tanggal 17 Agustus 1963, anak ke-3 dari 9 bersaudara, dari pasangan Bpk. Syamsul Bahar, BA (alm) dan Ibu Khamisah Idris.  Khaswar menjalani pendidikan dasar di kampung halamannya di Solok, yaitu sekolah dasar di SD negeri no 7 Solok, SMPN I Solok dan SMAN Solok.

Lulus SMA pada tahun 1982,  Khaswar  diundang masuk IPB melalui jalur bebas test Proyek Perintis II, namun nyaris tidak dapat berangkat  karena ketiadaan dana untuk biaya sekolah di Perguran Tinggi. Di akhir perkuliahan, pada tahun 1986 Khaswar juga nyaris tidak dapat menyelesaikan pendidikan sarjana karena ketiadaan dana untuk penelitian akhir.  Akhirnya tahun 1987, Khaswar Syamsu   dapat  juga menyelesaikan pendidikan sarjana sebagai Ir. di Departemen TIN Fateta, dengan dosen pembimbing waktu itu Bpk. Dr. Abdul Aziz Darwis dan Ibu. Ir. Tun Tedja Irawadi, MS.

Dengan beasiswa dari World Bank XVII melalui PAU Bioteknologi IPB (1988-1992) dan beasiswa dari  Dept of Chemical Engineering, University of Queensland (1992-1994), Ir. Khaswar Syamsu menyelesaikan pendidikan Master in Biotechnology dibawah bimbingan Dr. Peter L. Lee dan Dr. Horts D. Doelle, dan PhD in Chemical Engineering dibawah bimbingan  Prof. Paul F. Greenfield dan Dr. David A. Mitchell

Setelah memperoleh PhD, Dr. Khaswar Syamsu ditunjuk menjadi Asisten Direktur Kerjasama  dan  Pengembangan  di  PAU Bioteknologi IPB.  Pada selang tahun 1996-2002.  Dr. Khaswar mendapatkan fellowship untuk Post Doctoral Research and Training di GBF Braunschweigh, Germany; di Cardiff  University of Wales, UK; di International Agricultural Center-Netherlands, dan di  Michigan State University dan University of California at Davis, USA.   Pada tahun 1999, Dr. Khaswar Syamsu diperbantukan  menjadi Pembantu Asisten Menteri Riset dan Teknologi  RI bidang Sumberdaya Alam, Energi dan Lingkungan.

Dr. Khaswar Syamsu menikah dengan Meri Harmadia, dan dikaruniai 2 orang putra, Muhammad Fathan Kamil dan Muhammad Fawwaz Kamil. Pada tanggal 1 Juli 2009, Dr. Khaswar  Syamsu memperoleh Jabatan Guru Besar Tetap di Fakultas Teknologi Pertanian. Sekarang Prof. Khaswar Syamsu bekerja sebagai staf pengajar di Departemen TIN-Fateta, dan Kepala Divisi Rekayasa Bioproses dan Biomaterial di PPSHB IPB.  Untuk pengabdian masyarakat sesuai kompetensi yang dimilikinya,  Prof. Khaswar Syamsu  menjadi auditor sekaligus Koordinator Tenaga Ahli di LPPOM MUI dan Technical Committee Chairman of World Halal Food Council.   Karena menyenangi olah raga, Prof. Khaswar Syamsu juga ditugasi oleh Rektor IPB untuk menjadi Kepala Unit Olahraga dan Seni IPB sejak tahun 2010.

Di bidang penelitian, Prof. Khaswar Syamsu bersama kolega dan mahasiswa bimbingannya  telah berhasil mendapatkan 14 Hibah Pendaftaran Paten dan 3 paten diantaranya telah granted. Sejak 2008, Prof. Khaswar Syamsu juga telah tercatat memiliki 11 inovasi unggul (5 sebagai Ketua Peneliti, dan 6 sebagai Anggota Peneliti)  dalam 100+ Inovasi Indonesia paling prospektif versi Kemenristek dan BIC. Selain itu, Prof. Khaswar Syamsu juga telah mempublikasikan sebagian hasil penelitiannya dalam jurnal  internasional bereputasi. Untuk itu, dalam rangkaian Dies Natalis IPB ke 52, Rektor IPB telah memberikan penghargaan atas dedikasi dan kontribusinya sebagai Inovator sekaligus Author yang ikut mengangkat nama dan citra IPB pada level nasional dan internasional.

Dalam karirnya, Prof. Khaswar Syamsu juga telah memperoleh beberapa penghargaan diantaranya URGE Publication Award tahun 1996,  Peneliti Penyaji Terbaik pada Seminar   Nasional Hibah Bersaing PT VIII tahun  2004, Dosen berprestasi I Fateta dan dosen berprestasi III IPB th 2009, Penerima Anugerah Kekayaan Intelektual Luar Biasa 2009 dari Pemerintah RI,  Penerima Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya XX Tahun dari Presiden RI, dan Terpilih sebagai Dosen Terfavorit  Department TIN-Fateta  IPB. 2013.  

Di bidang pengabdian masyarakat, Prof. Khaswar Syamsu telah mengaudit dan memberi pelatihan Sistim Jaminan Produksi Halal di berbagai agroindustri, bioindustri, dan industri kimia di 30 negara di dunia.(abdulaz)


Tentang Kami

Address: Gedung Gymnasium IPB

Jl. Meranti, Kampus IPB Dramaga Bogor, Indonesia

Phone: (0251) 862-8783

Fax : (0251) 862-8783

Email: orsen@ipb.ac.id

Copyright 2014 IPB | All Rights Reserved