Sekolah Sepakbola

SEKOLAH SEPAKBOLA UNIT OLAHRAGA DAN SENI IPB  (SSB UNIORS IPB)

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer, dan digemari  di seluruh dunia, termasuk oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini sangat populer, hal ini bisa terlihat dari tersedianya lapangan-lapangan sepak bola dengan berbagai kapasitas dan kualitas, serta banyaknya masyarakat yang bermain sepak bola baik untuk ajang meraih prestasi maupun untuk ajang berekreasi / hobi semata.

Institut Pertanian Bogor (IPB) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri ternama di Indonesia merasa tergerak untuk ikut berperan nyata dalam pembinaan sepakbola usia dini di lingkungan IPB Bogor pada khususnya, yang pada giliranya diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi perkembangan sepakbola nasional pada umumnya melalui salah satu fungsi TRI DHARMA Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Pada Masyarakat. 

Berkat rahmat Allah SWT, dalam rangka meningkatkan pembinaan sepak bola sejak usia dini, mendidik dan melatih bakat dan talenta sepak bola potensial dan berbakat yang didorong oleh kesadaran akan tanggung jawab terhadap kemajuan dan peningkatan prestasi sepak bola di Bogor pada khususnya dan Indonesia pada umumnya, serta keinginan luhur untuk memberikan sumbangsih dan berkreasi melalui kegiatan sepak bola, maka pada tanggal 9 September 1999 Unit Olahraga dan Seni Institut Pertanian Bogor (Unit ORSEN IPB) sebagai unit pengelola sarana dan prasarana olahraga dan seni di lingkungan Institut Pertanian Bogor telah mendirikan Sekolah Sepakbola Unit Olahraga dan Seni Institut Pertanian Bogor (SSB UNIORS IPB)

 

Lambang SSB UNIORS IPB

Arti Lambang :

 

  • Bulatan 5 buah pada pucuk mahkota, melambangkan tekad yang bulat dari SSB UNIORS IPB untuk membina generasi muda.
  • Mahkota, melambangkan prestasi kebanggaan yang ingin dicapai oleh SSB UNIORS IPB.
  • 5 buah pucuk mahkota, melambangkan dasar/azas organisasi SSB UNIORS IPB, yaitu Pancasila dan UUD 1945.
  • Bola sepak, melambangkan cabang olahraga sepakbola merupakan cabang olahraga yang dibina oleh SSB UNIORS IPB.
  • Pita dengan tulisan Unit Olahraga dan Seni IPB, melambangkan bahwa SSB UNIORS IPB adalah bagian tak terpisahkan dari Unit Olahraga dan Seni IPB.
  • Lambang IPB, melambangkan bahwa SSB UNIORS IPB adalah bagian dari pembinaan IPB dalam rangka pelaksanaan TRI DHARMA yaitu Pengabdian Pada Masyarakat.

 

Tujuan SSB UNIORS IPB

(1)   Sebagai wadah pembinaan bibit-bibit sepak bola di Kota/Kabupaten  Bogor.

(2)   Mencetak pemain profesional yang berkarakter dalam berbagai jenjang usia.

(3)   Meningkatkan prestasi sepak bola di Kota/Kabupaten Bogor.

(4)  Sebagai sarana komunikasi dan informasi dalam membangunan Bangsa dan Negara di  bidang olah raga khususnya bidang olahraga sepakbola.

 

Kegiatan SSB UNIORS IPB

(1)    Mengadakan pembinaan dan pelatihan terhadap olahraga sepakbola di Kota/Kabupaten Bogor.

(2)     Mengadakan kerja sama dengan instansi terkait, khususnya yang mempunyai kepedulian  terhadap kemajuan sepak bola di Indonesia.

(3)     Mengadakan kerja sama dengan instansi pemerintah yang melakukan pembinaan terhadap klub-klub sepak bola.

(4)    Ikut berpartisipasi dalam setiap pertandingan yang diadakan oleh Dinas dan Instansi terkait baik di Kota/Kabupaten Bogor maupun di daerah lain baik tingkat regional maupun nasional.

(5)  Meningkatkan kuantitas dan kualitas anak didik melalui kegiatan pembinaan dengan memberikan motivasi dan sistem latihan yang terprogram, terarah dan terencana dengan baik.

(6)   Menciptakan, merangsang dan mengupayakan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan yang berupa turnamen / kejuaraan, untuk selanjutnya dapat dikembangkan menjadi agenda agenda tetap.

(7)  Memupuk kerja sama dan saling pengertian diantara sekolah-sekolah sepak bola yang bernaung dibawah panji PSB Bogor dan PERSIKABO Kabupaten Bogor, juga dengan organisasi-organisasi sepakbola di daerah lain.

 

Siswa SSB UNIORS IPB

 SSB UNIORS IPB terbuka bagi setiap siswa SD/MI, siswa SMP/MTs, siswa SMA/SMK/MA atau anak yang masih memenuhi secara umur yang ingin menjadi siswa. Baik yang berdomisili di Kota/Kabupaten Bogor  maupun daerah lain dengan ketentuan bahwa setiap siswa berkewajiban mentaati semua peraturan yang telah ditetapkan. 

 

Kewajiban Siswa SSB UNIORS IPB

(1)         Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00  .

(2)       Membayar iuran anggota sebesar Rp. 20.000,00/bulan.

(2)      Menjaga nama baik Sekolah Sepak Bola Unit Olahraga dan Seni IPB (SSB UNIORSIPB).  

(3)        Melaksanakan tata tertib, serta AD/ART SSB UNIORS IPB.

(4)         Mengikuti latihan 3 x dalam semingu.

TATA TERTIB SISWA SSB UNIORS IPB

  1. Setiap siswa SSB UNIORS IPB wajib hadir dan mengikuti latihan 3 (tiga) kali seminggu
  2. Setiap siswa SSB UNIORS IPB wajib mentaati peraturan dan tata tertib yang berlaku
  3. Setiap siswa SSB UNIORS IPB wajib membayar biaya pendaftaran 
  4. Setiap siswa SSB UNIORS IPB wajib membayar SPP setiap tanggal 5 s/d 20 setiap bulan
  5. Setiap siswa SSB UNIORS IPB wajib menjaga nama baik SSB UNIORS IPB
  6. Setiap siswa SSB UNIORS IPB wajib melampirkan surat izin/keterangan dokter apabila berhalangan hadir latihan
  7. Setiap siswa yang berhalangan hadir selama 3 (tiga) kali latihan tanpa pemberitahuan, akan dilakukan pemanggilan pertama terhadap orang tua siswa dan dibuatkan berita acara pemanggilan
  8. Jika setelah dilakukan pemanggilan pertama siswa tidak hadir juga selama 3 (tiga) kali tanpa pemberitahuan, akan dilakukan pemanggilan kedua
  9. Jika setelah dilakukan pemanggilan kedua siswa masih tidak hadir juga selama 3 (tiga) kali tanpa pemberitahuan, maka dianggap siswa tersebut mengundurkan diri
  10. Setiap siswa SSB UNIORS IPB dilarang merokok selama latihan maupun selama pertandingan/kejuaran bersama SSB UNIORS IPB
  11. Setiap siswa SSB UNIORS IPB wajib menjunjung tinggi disiplin, dan sportivitas
  12. Setiap siswa SSB UNIORS IPB wajib berperilaku baik dan menjaga sopan santun baik di lingkungan SSB UNIORS IPB maupun di luar lingkungan SSB UNIORS IPB
  13. Setiap siswa SSB UNIORS IPB yang melanggar peraturan dan tata tertib SSB UNIORS IPB, akan dilakukan pemanggilan kepada yang bersangkutan dengan diketahui orang tua siswa, selanjutnya akan diberikan surat peringatan pertama 
  14. Jika setelah diberikan surat peringatan pertama yang bersangkutan melakukan pelanggaran kembali, akan dilakukan pemanggilan kedua, selanjutnya akan diberikan surat peringatan kedua
  15. Dan jika setelah diberikan surat peringatan kedua yang bersangkutan masih tetap melakukan pelanggaran terhadap peraturan dan tata tertib SSB UNIORS IPB, maka kepadanya akan diberikan sanksi berupa dikeluarkan dari SSB UNIORS IPB
  16. Demikian tata tertib ini dibuat, untuk dapat dijalankan dan dipatuhi sebagaimana mestinya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Tentang Kami

Address: Gedung Gymnasium IPB

Jl. Meranti, Kampus IPB Dramaga Bogor, Indonesia

Phone: (0251) 862-8783

Fax : (0251) 862-8783

Email: orsen@ipb.ac.id

Copyright 2014 IPB | All Rights Reserved