Unit Olahraga dan Seni  Institut Pertanian Bogor (Unit ORSEN IPB) ditetapkan dengan Surat Keputusan Rektor IPB Nomor 013/Um/1997 tanggal 26 Februari 1997 tentang pembentukan UPT Olahraga IPB.  Kemudian Rektor IPB menetapkan kebijakan baru melalui Surat Keputusan Rektor IPB Nomor 035/K13/OT/2006 tanggal 22 Maret 2006 tentang Perubahan Sebutan dan Status Kelembagaan Unit Pelaksana Teknis Olahraga IPB menjadi Unit Olahraga dan Seni Institut Pertanian Bogor.  Pada tahun 2008, dengan dikeluarkannya Ketetapan Majelis Wali Amanat IPB Nomor 77/MWA-IPB/2007 tentang Pengesahan Struktur Organisasi Institut Pertanian Bogor, juncto Ketetapan Majelis Wali Amanat IPB Nomor 125/MWA-IPB/2013, tentang Organisasi IPB, juncto Ketetapan Majelis Wali Amanat IPB Nomor 08/MWA-IPB/2014, tentang Organisasi Tata Kerja (OTK) IPB, dan Peraturan Rektor IPB Nomor 11/I3/OT/2008 Tanggal 10 September 2008 tentang Koordinasi dan Pembinaan Dalam Pelaksananan Tugas Unit Kerja Penunjang Akademik di lingkungan Institut Pertanian Bogor, maka keberadaan Unit Olahraga dan Seni IPB dibawah koordinasi dan pembinaan Wakil Rektor Bidang Sarana dan Bisnis (WRSB).

Penyelenggaraan manajemen Unit Olahraga dan Seni IPB sesuai dengan Surat Keputusan Rektor IPB Nomor 035/K13/OT/2006 tanggal 22 Maret 2006 tentang Perubahan Sebutan dan Status Kelembagaan Unit Pelaksana Teknis Olahraga IPB menjadi Unit Olahraga dan Seni Institut Pertanian Bogor,  dan Tap MWA No. : 08/MWA-IPB/2014, tentang OTK IPB, terdiri dari Kepala Unit, dan Sekretaris. Dalam pelaksanaan kegiatan teknis dan administrasi sehari-hari, manajemen Unit ORSEN IPB di bantu oleh Kepala Seksi Umum dan Tatalaksana, Kepala Seksi Operasional, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana, dan Pengelola Keuangan Unit (PKU).  Dalam  tatanan kepegawaian Unit ORSEN dikelompokkan menjadi 3 (tiga) bagian : (1) Tenaga administrasi, (2) Tenaga pengawas lapangan (waspang), (3) Tenaga perawatan dan pemeliharaan. Namun, dalam pelaksanaan tugas sehari-hari, mengingat jumlah pegawai yang ada belum mencukupi untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan,  maka untuk mengoptimalkan pelayanan, tenaga  perawatan masih diberi tugas sebagai Waspang khusus pelayanan lapangan hari Minggu. Selain itu, kegiatan di bidang pengabdian kepada masyarakat dibentuk Sekolah Sepak Bola (SSB) dan Sekolah Bulutangkis (SBT) yang masing-masing dikelola oleh manajemen tersendiri.

Pada tanggal 16 Maret 2018, Unit ORSEN IPB mengalami perubahan Struktur Organisasi dan Tata Kerja, berdasarkan Surat Keputusan Rektor IPB Nomor : 146/IT3/KP/2018, bahwa manajemen Unit ORSEN IPB terdiri dari Kepala Unit, Wakil Kepala Bidang Pelayanan, dan Wakil Bidang Fasilitas. Koordinasi dan Pembinaan Dalam Pelaksananan Tugas Unit Kerja Penunjang Akademik di lingkungan Institut Pertanian Bogor, maka keberadaan Unit Olahraga dan Seni IPB dibawah koordinasi dan pembinaan Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Perencanaan, dan Keuangan.

Sampai dengan tahun 2018, Unit ORSEN IPB telah mengalami 3 (tiga) kali pergantian kepemimpinan, yaitu :

Periode 2006 – 2010 : Dr.Ir. Machfud, MS.

Periode 2010 – 2014 : Prof. Khaswar Syamsu, Ph.D.

Periode 2010 – 2018 : Prof. Khaswar Syamsu, Ph.D.

Periode 2018 – Sekarang : Dr. Cahyono Triwibowo, SE.,MM.

Unit Olahraga dan Seni didirikan dalam rangka menunjang minat mahasiswa, dosen, dan staf administrasi di bidang olahraga dan seni. Fasilitas yang dimiliki oleh unit ini adalah lapangan olahraga di Kampus Darmaga. Di Kampus Darmaga disediakan sarana untuk olahraga atletik, sepak bola, futsal, bola voli, bola basket, tenis meja, tenis lapangan dan softball, panahan, sepeda, cycling, dan lain-lain. Sarana olahraga tersebut berupa Gedung Olahraga dan Gelanggang Olahraga (Gymnasium) dan lapangan terbuka, perangkat band, kesenian daerah yang bekerja sama dengan UKM bidang Seni. Sarana untuk kegiatan olahraga di IPB termasuk sangat lengkap, bahkan pada tahun 2006 IPB mendapat predikat sebagai KAMPUS PRIMA OLAHRAGA dari Kantor Menteri Negara Pemuda dan Olahraga.